Sistem Informasi Rekam Medis Puskesmas Jayengan Surakarta

Triyono ., Joko Wandyatmono

Abstract


Pelayanan kesehatan  di Puskesmas perlu adanya dukungan dari berbagai faktor yang terkait, salah satunya adalah terselenggaranya rekam medis yang sesuai dengan standar yang berlaku. Rekam medis merupakan dokumen legal yang mengandung isian yang cukup tentang identitas pasien, diagnosa, terapi dan semua yang terjadi pada pasien. Dan berkas rekam medis juga merupakan rangkaian pendokumentasian kegiatan pelayanan medis yang diberikan oleh instansi kesehatan terhadap pasien. Karena rekam medis merupakan bagian dari sistem kesehatan ditingkatkan dan dapat dipertaggungjawabkan baik secara medis maupun secara hukum.

Dalam penelitian ini penulis memilih Puskesmas Jayengan Surakarta sebagai tempat  penelitian. Sistem informasi rekam medis rawat jalan di Puskesmas Jayengan ini berguna  untuk  mengolah data rekam medis pasien yang meliputi  pendaftaran pasien, data dokter, data pegawai, data rekam medis.  Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi rekam medis yang efisien dan membuat implementasinya dalam bahasa pemrograman visual basic 6.0. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana membuat sistem Informasi rekam medis di Puskesmas Jayengan?

Metodologi penulisan yang digunakan adalah  metode pendataan dan Metode pendekatan. Metode pendataan penulis menggunakan seperti : kepustakaan, observasi. Metode pendekatan penulis menggunakan seperti : analisa, perancangan, ujicoba, implementasi.

Dari penulisan yang disampaikan dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi yang ada telah dapat digunakan untuk sistem Informasi rekam medis, namun masih dapat dikembangkan untuk pengolahan data yang lain yang berhubungan dengan sistem Informasi rekam medis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 1979-9330 (Print) -  2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informatika Universitas Surakarta